Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM KABUPATEN MUARO JAMBI

Mahdipa, Mahdipa (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL ISLAM KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mahdipa
NIM : 201190250
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil
Belajar Fiqih Siswa Madrasah Tsanawiyah Suwasta
Jauharul Islam Kabupaten Muaro Jambi”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode
demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih pada kelas IX.1 dan IX.2 , semester genap
di Madrasah Tsanawiyah Suwasta Jauharul Islam Kabupaten Muaro Jambi tahun
ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling.
Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX MTSs Jauharul Islam Muaro
Jambi. Sampel yang digunakan adalah kelas IX.1 dan IX.2. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true
eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara metode ceramah dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa di
kelas IX MTSs Jauharul Islam Muaro Jambi. Pertama untuk nilai rata-rata kelas
kontrol diperoleh 65,16, kedua untuk nilai rata-rata kelas eksperimen diperolah
80,00, dan yang ketiga untuk nilai thitung > ttabel yaitu 6,644 > 2,000, tarif
signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha (Hipotesis alternatif) diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap
hasil belajar fiqih di kela IX MTSs Jauharul Islam Muaro Jambi.
Kata Kunci : Penelitian Kuantitatif, metode demonstrasi, Hasil

Belajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:02
Last Modified: 17 Jul 2025 06:02
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item
View Item