Gusahara, Manja (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA AL-MUSTHOFA TSANI RANTAU BADAK TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Manja Gusahara
Program Studi : Tadris Matematika
Judul : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis
Contextual Teaching and Learning Pada Materi Bangun
Penelitian ini yaitu termasuk penelitian pengembangan yang membahas tentang
pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and
learning pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas VII MTs Al-Musthofa
Tsani Desa Rantau Badak Lamo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari LKPD berbasis contextual
teaching and learning pada materi bangun datar. Model yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Angket digunakan untuk menguji
kevalidan, kepraktisan dan tes untuk keefektifan produk. Untuk uji validitas
dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Uji coba produk dilakukan
dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang
dilakukan di kelas VII. Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata persentase
sebesar 91,7% dengan kategori “Sangat Valid” untuk media, rata-rata 91,7%
kategori “Sangat Valid” untuk materi, dan rata-rata persentase sebesar 84%
dengan kategori “Sangat Valid” untuk bahasa. Untuk rata-rata kepraktisan sebesar
93,4% (Sangat Praktis) oleh guru matematika dan rata-rata 92,7% (Sangat Praktis)
oleh peserta didik pada uji coba kelompok kecil, dan pada kelompok besar
memperoleh rata-rata sebesar 84,4% dengan kategori “ Sangat Praktis”. LKPD ini
efektif bagi peserta didik dibuktikan dengan hasil data yang diperoleh dari tes
peserta didik setelah menggunakan produk dengan rata-rata 68,75% dengan
kategori efektif. Dari hasil tanggapan tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD
berbasis contextual teaching and learning valid, praktis dan efektif untuk
digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Kata Kunci : ADDIE, Bangun Datar, CTL, LKPD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:00 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:00 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2345 |