Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH PERSEPSI, KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH BANK 9 JAMBI SYARI’AH KOTA JAMBI

Afif Ridho, Ahmad (2023) PENGARUH PERSEPSI, KELOMPOK REFERENSI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH BANK 9 JAMBI SYARI’AH KOTA JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
persepsi kelompok referensi, dan gaya hidup terhadap keputusan nasabah pada
Bank 9 Jambi Syariah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank 9 Jambi
Syariah Jl. Kapten Pattimura No. 70-71 Simpang IV Sipin Telanaipura, Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, kelompok referensi,
dan gaya hidup terhadap keputusan nasabah.
Sampel dalam penenlitian ini adalah Nasabah PT. Bank 9 Jambi berjumlah
66 orang dengan teknik penelitian asosiatif kausal adalah penelitian yang
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel
lainnya atau bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain. Desain
penelitian kausal berguna untuk mengukur hubunganhubungan antar variabel riset
atau berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi
variabel yang lain.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji F terbukti bahwa variabel
presepsi, kelompok referensi, dan gaya hidup secara bersama-sama akan
mempengaruhi keputusan nasabah di Bank 9 Jambi Syariah, menunjukkan bahwa
variabel independen memiliki nilai P-Value 0,000 dimana nilai probabilitas ini
dibawah 0,05. Dengan demikian, maka sesuai dengan ketentuan dalam kriteria
pengujian, jika nilai probabilitas < 0,05.Maka dapat disimpulkan bahwa variable
presepsi, kelompok referensi, dan gaya hidup secara bersama - sama berpengaruh
terhadap keputusan nasabah.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji t (Parsial) menunjukan bahwa
nilai signifikan berpengaruh terhadap presepsi (X1), kelompok referensi (X2),
gaya hidup (X3) terhadap keputusan nasabah (Y) adalah 0.000 < 0.05, maka nilai t
hitung seluruh variabel presepsi (X1), kelompok referensi (X2), dan gaya hidup
(X3) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) secara signifikan.
Kata Kunci : Persepsi, Kelompok Referensi, Gaya Hidup, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 17 Jul 2025 05:58
Last Modified: 17 Jul 2025 05:58
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item
View Item