Syafriyadi, Syafriyadi (2023) PENGARUH PENERAPAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL ISLAM MUARA BUNGO. Masters thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Syafriyadi, NIM: 801201098, “Pengaruh Penerapan Number Heads
Together (NHT) Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Siswa Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam
Muara Bungo”, Tesis. Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana.
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2023.
Dalam pembelajaran fiqih, Number Heads Together (NHT) dapat
digunakan sebagai variasi dari pengajaran dan pemberlajaran fiqih.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari NHT
dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan semu
experimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini
adalah siswa VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Jumlah populasi 123
orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling;
jumlah sampel adalah 62 siswa. Siswa dari kelas B sebagai kelas
eksperimental dan mahasiswa dari kelas C sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur
hasil belajar dan angket untuk mengukur motivasi belajar. Data dalam
penelitian ini dianalisis secara manual dengan rumus uji t dan anova 2
arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh NHT
terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih, (2) terdapat pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih, (3) terdapat
interaksi NHT dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo.
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa NHT adalah sebuah
model pembelajaran yang efektif di dalam mengajarkan mata pelajaran
fiqih. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa NHT dapat digunakan
sebagai strategi pengajaran mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII
MTS Nurul Islam Muara Bungo.
Kata Kunci: Number Head Together, Motivasi, Hasil Belajar Fiqih
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:11 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:11 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2331 |