Novia, Aprila (2024) INVESTIGASI PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL YAQIN KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Aprila Novia
NIM : 204201871
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Judul Skripsi : Investigasi Perilaku Belajar Siswa Dalam Penggunaan Aplikasi
TikTok Madrasah Itidaiyah Nurul Yaqin Kabupaten Muaro Jambi
Skripsi ini membahas tentang investigasi perilaku belajar siswa dalam penggunaan
aplikasi TikTok. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui dampak positif dan
negatif penggunaan aplikasi TikTok dalam perilaku belajar siswa. Metode penelitian
ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengumpulan sampel
menggunakan teknik purposive sampling dengan 34 sampel yang terdiri dari kepala
madrasah, wali kelas III A, III B & III C, 15 orang siswa dan 15 orang tua siswa.
Kemudian, teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Investigasi perilaku belajar siswa dalam
penggunaan Aplikasi TikTok Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Kabupaten Muaro
Jambi 1)dampak positif, diantara dampak positif dari penggunaan aplikasi TikTok
dapat membuat siswa mencari informasi dan membantu siswa mencari referensi
tentang pelajaran karena konten edukasi. 2) dampak negatif, diantara dampak
negatifnya adalah dapat membuat siswa malas belajar, kurang konsentrasi ketika
belajar, menunda-nunda waktu untuk belajar, membuat tidur menjadi tidak teratur,
memicu untuk berbicara dengan bahasa kasar, dan menjadi lupa waktu ketika sudah
terlalu asik menggunakan aplikasi TikTok. 3) penggunaan aplikasi TikTok dapat
mempengaruhi perilaku belajar siswa, dalam mengatasi dampak negatif dapat
dilakukan oleh para guru atau wali kelas yaitu dengan berbagai cara diantaranya
dengan cara menegur dan mengingatkan siswa atau pun guru atau wali kelas bisa
memberi tahu kepada wali murid bahwa terjadi hal negatif yang terjadi pada anaknya
akibat Aplikasi TikTok.
Kata Kunci: TikTok, Perilaku Belajar, Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2314 |