Citra Ulya, Okta (2024) STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM MENURUT EKONOMI SYARIAH DI DESA SIMPANG LIMBUR MERANGIN KECAMATAN PAMENANG BARAT KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Strategi Pemasaran Usaha Jamur Tiram Di Desa Simpang Limbur Merangin
Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin Provinsi Jambi Menurut
Ekonomi Syariah
Oleh : Okta Citra Ulya
Nim : 501171709
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Jamur
Tiram Di Desa Simpang Limbur Merangin Kecamatan Pamenang Barat
Kabupaten Merangin Provinsi Jambi Menurut Ekonomi Syariah, serta mengetahui
tinjauan ekonomi Syariah terhadap Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Desa
Simpang Limbur Merangin Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin
Provinsi Jambi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pemilik,
karyawan dan konsumen usaha jamur tiram Di Desa Simpang Limbur Merangin
sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif terhadap data primer dan sekunder.
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran yang
diterapkan oleh usaha jamur tiram Di Desa Simpang Limbur Merangin dalam
meningkatkan penjualan sudah memadai, dengan menerapkan sistem bauran
pemasaran Produk, price, place, promotion. Produk yang dipasarkan memiliki
kualitas baik dan menggunakan bahan-bahan produksi yang berkualitas.
Memberikan harga yang sama pada setiap pelanggan tidak ada perbedaan diantara
satu dengan lainnya. Tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau
konsumen. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah di simpulkan bahwa strategi
pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip syariah. Produk yang
ditawarkan halal, melakukan promosi dengan jujur, benar, serta bersikap rendah
hati dalam melayani konsumen dengan penuh keikhlasan, dan tidak berburuk
sangka serta menjelek-jelekan petani budidaya jamur tiram lainnya. SDM yang
paham akan nilai keislaman. Dan dari segi bentuk fisik tidak menunjukkan
kemewahan tempat, dan memberikan fasilitas kemudahan dan kenyamanan bagi
konsumen.
Kata kunci : Strategi Pemasaran , Pemasaran Syariah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2313 |