Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID SERIBU TIANG KOTA JAMBI DITINJAU DARI SEGI GEOMETRI

Siswadi, Lily (2023) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID SERIBU TIANG KOTA JAMBI DITINJAU DARI SEGI GEOMETRI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Lily Siswadi
Program Studi : Tadris Matematika
Judul : Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Seribu Tiang Kota

Jambi Ditinjau Dari Segi Geometri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terdapat pada
Masjid Seribu Tiang Kota Jambi Ditinjau dari segi Geometri. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan
pendekatan etnografi (sosial budaya) dengan sumber data diperoleh dari metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan
tehnik triangulasi. Penelitian ini dilakukan di Masjid Seribu Tiang Kota Jambi
yang berada di jalan Sultan Thaha, Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi,
Provinsi Jambi posisinya berada dipusat Kota Jambi. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa, Konsep matematika yang terdapat pada Masjid Seribu Tiang
Kota Jambi yaitu : Geometri dimensi satu berupa garis tegak lurus, garis
berpotongan, garis sejajar dan sudut. Geometri dimensi dua berupa persegi,
persegi panjang, trapesium, segitiga, lingkaran, dan persegi delapan. Geometri
dimensi tiga berupa balok, tabung dan setengah bola. Selanjutnya Tranformasi
geometri berupa refleksi, translasi, dilatasi dan rotasi.
Kata kunci : Etnomatematika, Masjid Seribu Tiang Kota Jambi, Geometri

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:20
Last Modified: 16 Jul 2025 04:20
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item
View Item