Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Khusnelia, Jeni (2023) PENGARUH TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Jeni Khusnelia
NIM : 206190029
Jurusan : Tadris Fisika
Judul Skripsi : Pengaruh Teknik Probing Dalam Pembelajaran Konsep Getaran
dan Gelombang Terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil
Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Muaro Jambi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Teknik Probing terhadap kemampuan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa di
SMPN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One
Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket
dan tes. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 32 siswa kelas eksperimen
dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Berdasarkan data dan pembahasan ditemukan
bahwa penggunaan model pembelajaran Teknik Probing terhadap kemampuan
kreativitas siswa dan hasil belajar siswa berpengaruh secara signifikan. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil analisis perolehan skor rata-rata angket 71,16
dengan kategori indek kreativitas tinggi. Hasil analisis uji “t” diketahui nilai
signifikasi model pembelajaran Teknik Probing adalah t hitung adalah 0,003 < t tabel
.0,240, berpengaruh terhadap kemampuan kreativitas siswa dan hasil belajar
siswa. Artinya terdapat pengaruh saat sebelum diberikan model pembelajaran
dengan sesudah diberi model pembelajaran.
Kata kunci : Model Pembelajaran Teknik Probing, Kemampuan

Kreativitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:28
Last Modified: 16 Jul 2025 03:28
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item
View Item