Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS II SD 143/IX TENGGERIS MUARO JAMBI

Risdayanti, Kurnia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN KELAS II SD 143/IX TENGGERIS MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Kurnia Risdayanti
NIM : 204180138
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Kelas II SDN
143/IX Tenggeris
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangan media
pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian
kelas II SDN 143/IX Tenggeris. Metode yang digunakan Penelitian yang
digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) R & D.
Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk
menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Hasil penelitian
yang diperoleh, validitas media oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis
diperoleh hasil uji validitas bahan ajar multimedia interaktif dengan nilai rata-rata
skor 4,3 dengan pesentase 86,15% pada kategori valid/praktis. Hal ini berarti
pakar ahli menyatakan bahan ajar multimedia interaktif pada skala penilaian
dikatakan valid sudah dapat di pergunakan sebagai media pembelajaran. hasil uji
validitas materi bahan multimedia interaktif nilai rata-rata 4.92 dengan skor
98.46%. Hal ini berarti pakar ahli materi bahan ajar multimedia interaktif pada
skala penilaian valid/praktis untuk di ujicoba. Hasil uji coba kelompok kecil
diperoleh hasil praktikalitas 5 orang siswa berada 89%. Hal ini berarti bahan ajar
multimedia interaktif dalam proses pembelajaran sudah termasuk pada kategori
sangat praktis. hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil dari 20 orang siswa
berada 86.25%. Hal ini berarti bahan ajar interaktif dalam proses pembelajaran
sudah termasuk pada kategori sangat praktis dan dapat di gunakan sebagai media
pembelajaran
Kata kunci : Pengembangan Media, Pembelajaran Matematika,

Pemahaman Konsep Perkalian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:33
Last Modified: 15 Jul 2025 07:33
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item
View Item