Mustaqim, Mustaqim (2024) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTS AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Mustaqim
NIM : 201201745
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Upaya Guru Dalam Pembelajaran Akida Akhlak di MTS As’ad
Danau Teluk Kota Jambi.
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskrisikan Upaya Guru yang ada di MTS As’ad
Danau Teluk Kota Jambi pada pembelajaran Akida Akhlak, serta kendala yang
dihadapi oleh guru dalam pembelajaran akidah akhlak berlangsung. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriftif yang mana mendesripsikan Gambaran
dilapangan yang sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta
hubungan antar fenomena yang diselidiki. Objek utama dari penelitian ini adalah
Guru dan Siswa di MTS As’ad yang tinggal diasrama. Sedangkan alat pengumpulan
data meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya
menggunakan Data Reduksi, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan.
Latar belakang peneliti mengambil penelitian ini ialah Seorang guru Pendidikan
Agama Islam (PAI) memiliki peran besar dalam meningkatkan sikap siswa dalam
dunia pendidikan agama Islam. Guru harus dapat menyampaikan materi yang
mereka pelajari dengan cara yang dapat dipahami siswa dan digunakan secara
efektif. Guru tidak hanya menggunakan pendekatan ceramah dan pengarahan untuk
meningkatkan pembelajaran siswa tentang akidah akhlak. Mereka juga membuat
lingkungan belajar yang baik dan menanamkan kebiasaan belajar. Memahami kitab
kuning adalah tujuan utama pendidikan di pondok pesantren.Maka Dengan hal ini
peneliti memutuskan untuk memfokuskan penelitian kepada Upaya Guru
Pembelajaran akidah akhlak MTs As-ad Olak Kemang Kota Jambi.
Berdasarkan hasil penelitian di MTS As’ad Danau Teluk Kota Jambi sebagai salah
satu Lembaga Pendidikan islam di Kota Jambi, (1) Peneliti menemukan bahwa
terdapat beberapa Upaya yang dilakukan oleh Guru Pengajar dalam pembelajaran
akidah akhlak yaitu diantaranya menyusun RPP/silabus pembelajaran akidah
akhlak berdasarkan kurikulum yang berlaku, pembelajaran kelas yang
menggunakan metode ceramah, metode bercerita/kisah, dan metode hukuman.
Guru juga menerapkan upaya dalam memberi keteladan bagi siswa MTS As’ad
Danau Teluk Kota Jambi dan juga dituntut menerapkan akidah akhlak yang baik
diluar pembelajaran kelas seperti di asrama dan lingkungan masyarakat. (2) terdapat
juga kendala yang dihadapi oleh Guru dalam pembelajaran akidah akhlak seperti
siswa yang mengantuk/bosan, Banyaknya karakter siswa, kurangnya media
pembelajaran.
Kata Kunci : Upaya, Guru, akidah akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:29 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2255 |