Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

Sari, Masnah (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-MUTHMAINNAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Masnah Sari
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar
Pada Mata Pelajaran PPKn Di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi

Skripsi ini membahas mengenai implementasi kebijakan kurikulum Merdeka
Belajar pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah
Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran

PPKn berbasis kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-
Muthmainnah Kota Jambi, serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian

ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomonologi yang mana penilitian ini
melihat secara langsung fenomena atau kejadian yang terjadi di suatu tempat. Teknik
pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dari
berbagai narasumber yaitu, kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru PPKn
dan peserta didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muthmainnah Kota Jambi.
Dokumentasi berupa foto proses wawancara, profil sekolah, dan juga kegiatan
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum

Merdeka Belajar dalam pembelajaran PPKn Belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-
Muthmainnah Kota Jambi sudah terlaksana cukup baik, meskipun memerlukan banyak

penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal
tersebut dapat tergambarkan dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap
evaluasi. Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran PPKn berbasis kurikulum
Merdeka Belajar diantaranya yaitu sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya
guru IV yang selalu berusaha meningkatkan kompetensinya. Sedangkan untuk faktor
penghambatnya yaitu pemahaman guru terkait kebijakan kurikulum Merdeka Belajar
yang belum utuh, kesulitan guru dalam mengontrol aktivitas belajar peserta didik serta
kemampuan setiap peserta didik yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kurikulum Merdeka Belajar, PPKn

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:24
Last Modified: 15 Jul 2025 07:24
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item
View Item