Pebrianti, Cici (2023) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN- NAHL JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini membahas tentang Analisis Pendidikan Karakter Dalam Proses
Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu An Nahl Jambi. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana konsep pendidikan karakter
peserta didik, pelaksanaan pendidikan karakter, dan kendala analisis pendidikan
karakter pada Sekolah Dasar Islam Terpadu An Nahl Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,dan subjek penelitian ini
adalah Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, dan guru kelas di Sekolah
Dasar islam Terpadu An Nahl Jambi. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan menggunakan
analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis pendidikan
karakter dalam proses pembelajaran di sekolah dasar islam terpadu An Nahl Kota
Jambi dilakukan melalui pendidikan Religius, Kejujuran, disiplin, Peduli Sosial,
di mana siswa membantu mendoakan dan menolong teman yang sedang kesulitan
serta menjaga lingkungan sekolah. (2). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam
proses pembelajaran berjalan dengan lancar, guru selalu membuka pembelajaran
dengan berdoa bersama, guru mengajarkan bagaimana bersikap yang baik sayang
teman hormat kepada orang tua dan guru. (3)Faktor penghambat dalam proses
pendidikan karakter dalam proses pembelajran hanya sedikit, diantaranya masih
ada siswa yang karakter nya belum sesuai dengan pendidikan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 07 May 2025 04:34 |
Last Modified: | 07 May 2025 04:34 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/225 |