Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Yuni Sartika, Rina (2023) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rina Yuni Sartika
Program Studi : Tadris Biologi
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing
Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tujuan penelitian ini ingin membuktikan ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) di Madrasah Tsanawiyah Swasta Asas Islamiyah
Sipin Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain posttest only control desain. Populasi dalam penelitian
ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai
kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda
dan dokumentasi. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen sig. 0,120 ≥
0,05 dan kelas kontrol sig. 0,138 ≥ 0,05 sehingga dapat disimpulkan data
tersebut terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas yaitu sig. 0,080 ≥ 0,05
yang bersifat varian homogen. Hasil uji hipotesis dengan sig (2 tailed) =
0,00 ˂ 0,05 sehingga data tersebut dapat diterima atau terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil
belajar siswa. Hasil uji pengaruh (effect size) yaitu 0,6 hal ini menunjukkan
adanya pengaruh yang cukup tinggi terhadap model pembelajaran active
knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa pada
kelas eksperimen sebesar 92 sedangkan rata-rata nilai siswa pada kelas
kontrol sebesar 45,57. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan terhadap model pembelajaran active knowledge sharing
terhadap hasil belajar (IPA) di Madrasah Tsanawiyah Swasta Asas
Islamiyah Sipin Kota Jambi. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan
model active knowledge sharing ini sebagai model pembelajaran untuk
materi selanjutnya.
Kata kunci : Active Knowledge Sharing, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:48
Last Modified: 15 Jul 2025 04:48
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item
View Item