Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP DESA TANTAN KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI

Sartika, Dewi (2023) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP DESA TANTAN KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Dewi Sartika
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses
Pembelajaran Pendidikan agama islam Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Satu Atap Desa Tantan
Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai
fasilitator di SMPN Satu Atap Desa Tantan, faktor penghambat dan pendukung,
serta upaya yang dilakukan guru sebagai fasilitator. Metode penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari
penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru PAI, siswa dan kepala sekolah dan
data skunder yaitu: struktur organisasi sekolah beserta data profil dan geografis
sekolah. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian
diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru di Sekolah Menengah Pertama
Negeri Satu Atap Desa Tantan belum berjalan dengan optimal, dimana dalam hal
ini dibuktikan dengan guru yang masih kurang bersikap sabar, guru yang kurang
memberikan perhatian terhadap peserta didiknya, dan kurangnya persiapan guru
dalam proses pembelajaran. Adapun hal demikian terjadi karna adanya faktor
penghambat diantaranya masih kurangnya wawasan guru mengenai perannya
sebagai fasilitator, minimnya fasilitas sekolah, serta faktor kurangnya pengalaman
guru. Sedangkan faktor pendukungnya ialah adanya jaringan internet yang baik,
Kepemilikian handphone Android serta ruang kelas yang nyaman. Sehingga
dilakukanlah upaya guru dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator dengan
memfasilitasi kegiatan belajar, meningkatkan sarana prasarana penunjang belajar,
memperbaharui gaya mengajar dan memberikan semangat, serta motivasi kepada
peserta didik.
Kata Kunci: Peran, Guru, Fasilitator, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:55
Last Modified: 15 Jul 2025 03:55
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item
View Item