Alika, Putri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Putri Alika
Jurusan/prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Probing-prompting dalam
Meningkatkan Keaktifan Peserta didik pada pembelajaran
Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi
Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran probing-
prompting dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran
tematik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Desain penelitian
menggunakan model Jhon Elliot. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kuantitatif, dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan keaktifan siswa melalui probing-prompting kelas IV di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi, dimana keberhasilan keaktifan siswa pada siklus I
mencapai 57,24 dan pada siklus II 81,15. Persentase jumlah siswa kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi yang mencapai KKM pada siklus II lebih
tinggi dibandingkan dengan persentase pada siklus I yaitu. Pada siklus I aktivitas
siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi masih berpusat pada
guru sehingga nilai siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi
berada pada kategori rendah dengan persentase 57,24. Pada siklus II mengalami
peningkatan aktivitas siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi
pada kategori sangat tinggi memperoleh persentase sebesar 81,15 dimana terdapat
perubahan perilaku dan keaktifan siswa sebagai hasil dari proses belajar baik
secara fisik maupun mental.
Kata Kunci: Probing-Prompting, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:37 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2234 |