Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA KARTU INTERNET TELKOMSEL DI KOTA JAMBI

Novelia, Lisa (2023) PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA KARTU INTERNET TELKOMSEL DI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Pentingnya komunikasi yang kian meningkat, semakin banyak perusahaan yang
menerapkan program yang dirancang untuk menilai keahlian komunikasi
manajerial, dan memberi pelatihan lanjutan untuk mengatasi seiap kekurangan
keahlian tersebut. Jika konsumen mengetahui suatu Brand image yang positif,
maka tidak tertutup kemungkinan konsumen akan loyal terhadap suatu produk
perusahaan. Oleh karena itu untuk mendapatkan loyalitas konsumen Marketing
public relation harus bisa menciptakan Brand image yang kuat untuk meyakinkan
konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh
Marketing public relation terhadap loyalitas konsumen pengguna kartu internet
Telkomsel, untuk menganalisis bagaimana pengaruh Brand image terhadap
loyalitas konsumen pengguna kartu internet Telkomsel, dan untuk menganalisis
bagaimana pengaruh Marketing public relation dan Brand image terhadap
loyalitas konsumen pengguna kartu internet Telkomsel. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif adapun jenis pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Variabel marketing public relation berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen. Jika marketing public relation meningkat maka loyalitas konsumen
meningkat. 2) Variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen. Jika brand image meningkat maka loyalitas konsumen meningkat. 3)
Variabel marketing public relation dan brand image berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas konsumen. Diharapkan bagi provider kartu internet telkomsel
perlunya meningkatkan marketing public relation dan brand image agar loyalitas
konsumen juga meningkat. Kemudian diharapkan pada penelitian selanjutnya
diharapkan dapat menambah variabel penelitian selain variabel dalam penelitian
ini.
Kata Kunci: Marketing Public Relation, Brand Image, Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:29
Last Modified: 15 Jul 2025 03:29
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item
View Item