Amana, Nur (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA BOLA BERWARNA DI TK MELATI DESA KEMBANG PASEBAN KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANG HARI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nur Amana
Program Studi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Judul :Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media
Bola Berwarna di Tk Melati Desa Kembang Paseban
Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari.
Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “:Meningkatkan Kemampuan
Kognitif Anak Melalui Media Bola Berwarna di Tk Melati Desa Kembang
Paseban Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari” yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media bola berwarna pada anak
usia 5-6 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak yang terdiri dari 8
anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.
Setiap tahapan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi. Target
keberhasilan dalam penelitian ini dengan perhitungan persentase mencapai 85%
dari jumlah anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan
kemampuan kognitif anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan
bola berwarna pada tindakan pra siklus sebesar 34%, meningkat pada siklus I
pertemuan I menjadi 45,5% dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi
49,7%. Dan pada siklus II pertemuan I menjadi 75,5%, dan meningkat pada
pertemuan siklus II pertemuan menjadi 91,7%. Dari uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa melalui kegiatatan bola berwarna ini dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Melati Desa
Kembang Paseban Kecamatan Mersam Kabupaten Batang Hari.
Kata Kunci: Kognitif Anak, Bola Berwarna
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:23 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2229 |