Ramayani, Novi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DI SMPN 5 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Novi Ramayani
Jurusan : Tadris Fisika
Judul Skripsi : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw terhadap
Pemahaman Konsep Fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman konsep
fisika mengenai tekanan zat dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas VIII F
(kelas eksperimen dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw) dan kelas
VIII G (kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Langsung) di SMPN 5 Kota
Jambi. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024, dan sampel penelitian diambil menggunakan
teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design dengan pengambilan data menggunakan Nonequivalent
Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes soal dengan 30 butir soal,
yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi tekanan
zat, sekaligus mengonfirmasi validitas teori pembelajaran yang digunakan.
Kesimpulan dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman konsep
fisika dalam konteks kehidupan sehari-hari, serta memperlihatkan potensi
efektifnya model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan
pemahaman konsep tersebut pada siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Pemahaman konsep
Fisika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:57 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:57 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2220 |