Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI

Nur Safitri, Rodiah (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI 4 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Rodiah Nur Safitri
NIM : 204200007
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah
Judul : Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil
Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas 4
Madrasah Ibtidaiyyah Negeri 4 Muaro Jambi

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS di MIN 4 Muaro
Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPAS dan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode Eksperimen
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN 4 Muaro
Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi
Eksperimental desain Pretest dan Posttest Control Group Design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan
tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pada
penelitian ini sampel berjumlah 42 peserta didik, dengan penjabaran 21 peserta didik
kelas IVB sebagai kelompok kontrol dan kelas IVC berjumlah 21 peserta didik
sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh : 1) hasil belajar IPAS kelas
4 sebelum meneraapkan metode eksperimen pada kelas kontrol memiliki rata-rata
63,33 dan pada kelas eksperime memiliki rata-rata 59,81. 2) hasil belajar IPAS
setelah menerapkan metode eksperimen pada kelas kontrol memiliki rata-rata 70,29
dan pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 76,81. 3) Berdasarkan penghitungan
uji t yang dilakukan pada kelas eksperimen di dapat nilai signifikansi sebesar
0,001<0,05 dan kelas kontrol didapat nilai signifikansi sebesar 0,003<0,05 yang
berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta
didik kelas IV MI Negeri 4 Muaro Jambi.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:07
Last Modified: 14 Jul 2025 07:07
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item
View Item