Fadilla, Alda (2024) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI KEDAI MARTABAK ULAMA INDIA (MUI) TELANAIPURA DI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam di
Kedai Martabak Ulama India (MUI) Telanaipura di Kota Jambi. Etika bisnis Islam
adalah seperangkat prinsip moral yang berasal dari ajaran Islam yang membimbing
bisnis untuk beroperasi secara etis dan bertanggung jawab. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, termasuk observasi, wawancara, dan analisis
dokumen. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil dalam penelitian ini
melalui wawancara dan observasi, yaitu bahwasanya Kedai Martabak Ulama India
(MUI) pada umumnya telah menerapkan etika bisnis yang berlandaskan ajaran-ajaran
Islam. Penerapan etika bisnis Islam Kedai Martabak Ulama India (MUI) terlihat dari
tidak melipatgandakan harga, jujur dalam takaran, mengakui kelemahan serta
kelebihan produk (shiddiq), akuntabilitas, memberikan pelayanan yang optimal,
menepati janji (amanah), komunikasi bisnis, mampu menyampaikan visi misi,
menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis (tabligh), kecerdasan spiritual,
profesional, kemampuan untuk melakukan inovasi produk (fathanah).
Kata kunci: Bisnis, Etika Bisnis Islam, Martabak Ulama India (MUI)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:28 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:28 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2203 |