Redhovi Hendra, Prayoga (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SAINS MAP INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV MIN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Prayoga Redhovi Hendra
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul Skripsi : Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Sains Map
Indonesia Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan
Efektivitas Belajar Siswa Kelas IV MIN Kota Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan,
kelayakan, dan keefektivitasan media pembelajaran Aplikasi Sains Map Indonesia
mapping pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MIN Kota Jambi menggunakan
metode penelitian pengembangan atau research and development model
pengembangan ADDIE. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi
bahwa efektivitas kegiatan belajar mengajar khususnya mata pelajaran IPAS siswa
kelas IV C MIN Kota Jambi relatif rendah dilihat dari nilai hasil belajar dan pre-
test yang peneliti lakukan, penyebabnya belum adanya media pembelajaran yang
tepat sehingga guru pun jarang menggunakan media pada saat proses belajar
mengajar. Pengembangan media pembelajaran ASMI (Aplikasi Sains Map
Indonesia) berbasis aplikasi yang digunakan pada smartphone dengan OS android
sebagai media pembelajaran yang memberikan solusi yang tepat dalam
meningkatkan efektivitas belajar siswa dikelas khususnya pada mata pelajaran
IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Meingeitahui prosedur
peingeimbangan meidia peimbeilajaran berbasis aplikasi menggunakan model mind
mapping pada mata peilajaran IPAS Keilas IV di MIN Kota Jambi. 2) Meingeitahui
kelayakan peingeimbangan meidia peimbeilajaran berbasis aplikasi menggunakan
model mind mapping pada mata peilajaran IPAS Keilas IV di MIN Kota Jambi. 3)
Meingeitahui bagaimana peningkatan efektivitas peingeimbangan meidia
peimbeilajaran berbasis aplikasi menggunakan model mind mapping pada mata
peilajaran IPAS Keilas IV di MIN Kota Jambi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Keefektivitasan media pembelajaran ASMI menggunakan model
pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas
IV MIN Kota Jambi terbukti mampu meningkatkan efktivitas dan efisiensi proses
pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar pada pre-test dan post-test yang
mengalami peningkatan dari 30 menjadi 76,67% dan berdasarkan angket yang
disebarkan kepada siswa dan guru setelah dilakukannya uji coba lapangan
menyatakan bahwa media pembelajaran ASMI efektif sebagai media
pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2202 |