Fatimah, Siti (2024) THE EFFECT OF FREEWRITING TOWARDS STUDENTS’ WRITING SKILL ON RECOUNT TEXT AT MTS NURUL IHSAN TANJABTIM. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Siti Fatimah
Jurusan : English Education Program
Judul :Pengaruh penggunaan Tehnik Menulis Bebas terhadap
Keterampilan menulis siswa pada Recount Text di MTs Nurul
Ihsan Tanjabtim.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dan perbedaannya. Teknik
menulis bebas untuk keterampilan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan pada
kelas delapan MTs Nurul Ihsan Tanjabtim. Penelitian ini menggunakan design
penelitian experimental. Penelitian ini menganalisis data secara kuantitatif. Data
diperoleh dengan menggunakan tes menulis. Teknik pengambilan sampel
menggunakan total sampling. sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk menganalisis data,
peneliti menggunakan Paired T-test and Independent T-test.
Setelah menganalisis data, nilai dari paired t-test adalah 0.000 ≤ 0.05, ini
berarti bahwa Hα diterima. sedangkan, independent sample T-test perbedaannya
adalah 19.429 dan signifikasi 2-tailed ≤ 0.05 (0.000 ≤ 0.05) ini berarti bahwa Hα
diterima. Maka dari itu, ini bisa disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang
signifikan terhadap kemampuan menulis siswa antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Pengaruh signifikan secara statistic terhadap kemampuan menulis
siswa sebelum menggunakan Tehnik freewriting (nilai rata-rata= 70.05 Standar
deviasi = 1.465), sesudah menggunakan tehnik freewriting (nilai rata-rata= 89.48
Standar deviasi= 3.655). Oleh karena itu, dengan menggunakan tehnik
freewriting, tulisan siswa menjadi lebih bagus , lebih terstruktur dan siswa lebih
mudah dalam mengembangkan ide.
Kata kunci: Tehnik Freewriting, Keterampilan Menulis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 05:12 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 05:12 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2194 |