Sevty Jou Ananda, Ghina (2024) LITERASI DIGITAL PELAKU UMKM DALAM PEMASARAN SYARI’AH. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Literasi Digital dalam
meningkatkan pemasaran penjualan pelaku UMKM yang ada di Kec Telanaipura
Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti
kepada pelaku UMKM sebagai sampel dimana sebanyak 16 orang yang
diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi literasi digital
yang dilakukan pelaku UMKM di Kec Telanaipura Kota Jambi adalah berupa
pemasaran melalui sarana media sosial dan juga applikasi e-commerce seperti
grabfood dan gofood. Dampak Literasi Digital dalam meningkatkan
keuntungan/profit perusahaan belum terlalu siginifikan karna pemahaman mereka
terhadap literasi digital yang masih kurang. Namun, pemasaran berbasis Literasi
Digital ini berdampak positif terhadap keberlangsungan UMKM di Kec
Telanaipura Kota Jambi. Dengan Literasi Digital, UMKM dapat mempromosikan
usahanya secara lebih mudah dan dapat menjangkau kounsumen secara lebih luas.
Literasi Digital juga memudahkan para konsumen dalam membeli makanan dan
minuman tanpa harus datang langsung ke outlet UMKM. Ini dapat memberi
kenyaman dan kemudahan bagi para konsumen sehingga memberikan dampak
yang baik pula bagi para pelaku UMKM.
Kata Kunci : Literasi Digital, UMKM, dan Pemasaran Syari’ah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 05:00 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 05:00 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2190 |