Syahira Safiqah, Nurul (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nurul Syahira Safiqah
Program Studi : Tadris Biologi
Judul : Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL)
Terhadap Hasil Literasi Sains Peserta Didik Kelas X
Madrasah Aliyah
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based
Learning (PjBL) terhadap hasil literasi sains peserta didik kelas X Madrasah
Aliyah pada konsep virus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan desain One Group
Pretest-Posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling,
dengan memilih 1 kelas yang terdiri dari 36 siswa di kelas X IPA sebagai kelas
eksperimen. Instrumen pengumpulan data dengan melakukan observasi,
dokumentasi, dan tes hasil literasi sains peserta didik berupa pilihan ganda.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa rata-rata literasi sains peserta didik
kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Jabung Barat dengan nilai
Pretest 38,56 termasuk dalam kategori cukup menunjukkan kemampuan literasi
sains yang relatif rendah, setelah menerapkan model Project Based Learning
(PjBL) skor nilai Posttest meningkat menjadi 74,51 yang termasuk dalam
kategori tinggi. Peningkatan ini juga terlihat dalam hasil pencapaian aspek sikap
ilmiah yang menunjukkan rata-rata ketercapaian cukup tinggi dengan nilai:
keaktifan 91,67, kerjasama 94,44, dan rata-rata keseluruhan sebesar 92,59 untuk
indikator tersebut. Hasil Uji Mann-Whitney (U-Test) untuk uji kesamaan dua rata-
rata kelas eksperimen menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05 Dengan demikian, maka diketahui terdapat perbedaan kemampuan literasi
sains peserta didik yang menggunakan model PjBL dengan peserta didik yang
menggunakan pendekatan saintifik pada konsep virus. Besarnya pengaruh
penerapan model PjBL terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada
materi virus yang diuji menggunakan effect size Cohen’s d adalah sebesar 3,63
termasuk pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan
model PjBL dapat meningkatkan hasil literasi sains.
Kata Kunci : PjBL, Literasi Sains, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:35 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2181 |