Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, PROMOSI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank BSI Kecamatan Rimbo bujang)

Heri Prasetyo, Danang (2023) PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, PROMOSI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank BSI Kecamatan Rimbo bujang). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam
memutuskan untuk menjadi nasabah di suatu bank. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih
produk perbankan syariah (Studi pada Bank BSI kecamatan Rimbo bujang).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dalam penelitian ini menggunakan
variabel pengetahuan, religiusitas, promosi dan sosial. Populasi dalam penelitian
ini adalah masyarakat rimbo bujang dan sekitarnya yang menggunakan jasa Bank
BSI Rimbo bujang berjumlah 10.913 Orang. Sampel yang digunakan adalah
sampling insidental dengan jumlah sampel 100 nasabah. Penelitian ini
menggunakan analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji f serta
menggunakan koefisien determinasi (R2).
Penulis menggunakan aplikasi SPSS 25 dengan hasil secara parsial menunjukkan
variabel pengetahuan mempunyai nilai positif sebesar 0,284, religiusitas
mempunyai nilai positif sebesar 0,260, promosi mempunyai nilai positif sebesar
0,381 dan sosial mempunyai nilai positif sebesar 0,275. Artinya secara parsial
variabel pengetahuan, religiusitas, promosi dan sosial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan nasabah Bank BSI Rimbo bujang. Secara simultan variabel
pengetahuan, religiusitas, promosi dan sosial berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah pada Bank BSI Rimbo bujang dengan nilai 0,672 yang
menunjukkan bahwa keputusan nasabah dipengaruhi oleh variabel independen
sebesar 67,2% dan sisanya 32,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Keputusan Nasabah, Pengetahuan, Religiusitas, Promosi, Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pebankan Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:04
Last Modified: 09 Jul 2025 07:04
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item
View Item