Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

Lestari, Nova (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL YAQIN SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Nova Lestari
Prodi : Penidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota.

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai
Duren diketahui bahwa pelajaran tematik masih banyak siswa yang memperoleh
hasil belajar dibawah KKM dikarenakan siswa kurang terlibat peroses
pembelajaran berbelum leluasa dalam memecahkan masalah kurangnya
pemahaman penyampaian materi kurangnya kegiatan yang dilakukan pada
peroses pembelajaran dan lebih cederung tidak kondusif sehinga mengakibatkan
siswa menjadi kurang pemahaman materi pelajaran hingga hasil belajar yang
diperoleh menjadi menurun. Salah satu model pembelajaran yang cukup
bervariasi dan tentunya dapat melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan
pembelajaran adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota. metode
penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest
posttest control gurup desing, pengumpulan data menggunakan teknik tes awal
(pretest), tes akhir (posttest) dan obsevasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data
dengan T-tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling
dengan sampel berjumlah 22 siswa dibagi dua kelompok yang masing masing
terdiri dari kelas eksperimen 11 siswa dan kelas kontrol 11 siswa. Data dianalisis
menggunakan SPSS versi 22. Data hasil penelitian rata-rata perolehan nilai hasil
belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, nilai rata-rata kelas
eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning lebih tinggi sebesar
77,36 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model Discovery
Learning sebesar 60,03. Dari uji T-tes pada tarap siginifikan 5% =2,086 dan 1%
=2,845 diperoleh 2,086<1,945> 2,845 jadi T-hitung T-tabel atau Ho ditolak dan
Ha di terima dengan hasil sig (2-tailed) adalah 0,066 < 5% yang berarti terdapat
pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model
Discovery Learning dengan yang tidak menggunakan model Discovery Learning
di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren Kecamatan
Jambi Luar Kota.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:08
Last Modified: 09 Jul 2025 04:08
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item
View Item