Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI KELURAHAN OLAK KEMANG, KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI

Nadila, Ulfa (2023) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI KELURAHAN OLAK KEMANG, KECAMATAN DANAU TELUK KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Ulfa Nadila
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Picture
and Picture pada Mata Pelajaran Fiqih Madrsah Tsanawiyah
Negeri 1 Kota Jambi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata
pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode picture
anda picture pada mata pelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota
Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) jenis kolaboratif
yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan
metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode observasi berguna
untuk mengukur aktifitas guru dan keaktifan belajar siswa setelah mengikuti
pembelajaran menggunakan metode Picture and Picture. Metode tes digunakan
untuk mengetahui kemampuan belajar siswa setiap per siklusnya. Metode
wawancara digunakan untuk mengetahui pendapat serta gambaran di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi. Dan metode dokumentasi digunakan untuk
menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada waktu pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Picture
and Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Fiqih
kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Jambi yaitu pada siklus I 66,66%
dan pada siklus II 80,30%. Berdasarkan analisis data yang didapat, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa menggunakan metode Picture and Picture dalam mata
pelajaran Fiqih dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci: Metode picture and picture, Keaktifan Belajar, Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:00
Last Modified: 09 Jul 2025 04:00
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item
View Item