Hatta, M. (2023) PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI VIRTUAL LAB PADA MATERI FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : M. Hatta
Nim : 206190011
Program Studi : Tadris Fisika
Judul : Pengaruh Media Animasi Berbasis
Macromedia Flash Professional 8 Sebagai
Virtual Lab Pada Materi Fisika Terhadap Hasil
Belajar Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Media
Animasi Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Sebagai Virtual Lab
Pada Materi Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini yaitu
Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan desain Pretest-Posttest
Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X TITL
dan X TKR. Pengujian instrumen dilakukan di sekolah yang sama, yaitu
pada kelas TITL yang terdiri dari 31 siswa dan kelas TKR 23 siswa.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar
(pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan beberapa tahap
yaitu: uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis (Uji T-
Independent). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan T-test dengan
taraf signifikansi 5% maka didapatkan Ttabel sebesar 2,006 dan Thitung
Sebesar 5,835. Sesuai dengan kriteria/syarat uji hipotesis maka diperoleh
Thitung > Ttabel atau 5,835 > 2,006. Sehinga dapat disimpulkan bahwa Ha
diterima dan H0 ditolak, yaitu terdapat Pengaruh Media Animasi Berbasis
Macromedia Flash Professional 8 Sebagai Virtual Lab Pada Materi Fisika
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Gaya Lorentz.
Kata Kunci: Penelitian kuantitatif, Media animasi berbasis Macromedia
Flash Professional 8 sebagai Virtual Lab, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:55 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2159 |