Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Pelepat Ilir

Hidayat, Deri Rahmat (2025) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bagi Siswa Kelas VIII SMP N 4 Pelepat Ilir. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII di SMP N 4 Pelepat Ilir. (2) Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII di SMP N 4 Pelepat Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebagaimana upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar PAI, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa setiap siklusnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 79,44% dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar mencapai 93,88%. Selain meningkatkan hasil belajar, penerapan model Teams Games Tournament (TGT) ini juga dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Hal ini terbukti dari hasil observasi siswa yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Selain itu, siswa terlihat sangat antusias selama proses pembelajaran berlangsung sehingga hal ini berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:51
Last Modified: 09 Jul 2025 03:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item
View Item