Hikmah, Nur (2025) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah swasta tarbiyah islmiah kota jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dalam proses
pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS). Skripsi ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) serta pengaruhnya
terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi harmoni dalam ekosistem di kelas
V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Jelutung, Kota Jambi tahun
2024/2025. Model problem based learning (PBL) dipilih karena berfokus pada
pemecahan masalah nyata yang dapat merangsang keterlibatan aktif siswa dalam
proses belajar. penelitian ini menggunkan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menerapkan II siklus atau putaran tindakan. teknik Pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan perencanaan, observasi,dokumentasi, instrumen tes dan non tes
dalam pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) dengan menggunakan model
problem based learning (PBL), hal ini dibuktikan dengan peningkatan presentse hasil
tes dari siklus I dan siklus II. Pada pra siklus yaitu 29,41%, siklus I yaitu 47% siswa
yang tuntas ini belum mencaai presentase ketuntasan, dan dilanjutkan dengan siklus II
yaitu 76% siswa yang tuntas sudah mencukupi ketuntasan. Temuan penelitian ini
menyatakan bahwa dengan menerapkan model problem based learning (PBL) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan
sosial (IPAS) dengan materi Harmoni dalam Ekosistem.
Kata Kunci : problem based learning (PBL), IPAS, Hasi Belajar"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:49 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2155 |