Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Penerapan media kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah nurul yaqin simpang sungai duren

Febrian, Indah Aura (2025) Penerapan media kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah ibtidaiyah nurul yaqin simpang sungai duren. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kahoot pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dikelas V CMadrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, test, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V C. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas V C. Rincian hasil observasi peserta didik dengan menggunakan media kahoot telah terjadi peningkatan dari siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 63,35% dapat dikategorikan kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 80,10% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa menggunakan media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas V C Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren.
Kata Kunci : Kahoot, Hasil Belajar, IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial)"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:45
Last Modified: 09 Jul 2025 03:45
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item