Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.56/VIII AUR CINO KABUPATEN TEBO

Oktarila, Lusi (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI NO.56/VIII AUR CINO KABUPATEN TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Lusi Oktarila
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time
Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis
Siswa Pada Pembelajaran Tematik Muatan Pendidikan
Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas V Di Sekolah Dasar
Negeri No.56/Viii Aur Cino Kabupaten Tebo
Skripsi Program Sastra 1 Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan
(FTK) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Model pembelajaran kooperatif tipe time token merupakan model pembelajaran
yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk mengeluarkan
pendapat atau menyampaikan gagasan yang ingin disampaikan setiap peserta didik
dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No.56/Viii Aur Cino Kabupaten Tebo
Kelas yang digunakan yaitu Kelas V. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil peneitian, bahwa
rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negri No.56/VIII Aur Cino
Kabupaten Tebo pada pembelajaran Ppkn dengan menggunakan Model Kooperatif
Tipe Time Token pada hasil Pengetahuan Kemampuan Berfikir Kritis siswa dari
22,22% Pada pratindakan menjadi 29,62% pada pertemuan 1 di siklus I dan
meningkat lagi menjadi 44,44% pada pertemuan 2 pada siklus I. Padasiklus II,
penilaian kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dibanding dengan penilaian
pada siklus I, yaitu pada pertemuan 1 di siklus kedua keberhasilan siswa menjadi
62,96% dan pada pertemuan 2 menjadi 81,48%. Peningkatan ini ditunjukkan pada
penilaian produk siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu sebanyak
81,48%.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe Time
Token dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V SD Negri
No.56/VIII Aur Cino Kabupaten Tebo.

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe time token, Peningkatan

Keterampilan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:44
Last Modified: 09 Jul 2025 03:44
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2151

Actions (login required)

View Item
View Item