Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi.

Roza, Gytha Silvia (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Ikhlas Kota Jambi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, keaktifan belajar siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada rata-rata 67% dan 68% dengan kategori “Baik”, meningkat menjadi 82% dan 84% dengan kategori “Baik Sekali”, pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 48% dan 51% dengan kategori “Kurang” juga mengalami peningkatan menjadi 83% dan 84% dengan kategori “Baik”, pada siklus II. Keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi pada siklus I menunjukkan rata-rata 45% dan 49% dengan kategori “Kurang Aktif”, meningkat menjadi 81% dan 85% dengan kategori “Sangat Aktif”, pada siklus II. Data angket respons siswa juga menunjukkan peningkatan dari 43% dengan kategori “Kurang Aktif”, pada siklus I menjadi 82% dengan kategori “Aktif”, pada siklus II. Kesimpulam dari penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa tidak hanya mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, tetapi juga dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa secara signifikan.pada mata pelajaran Fiqih di MA Al-Ikhlas Kota Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:01
Last Modified: 09 Jul 2025 02:01
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item
View Item