Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi

Humairoh, Siti (2025) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi persamaan garis lurus (PGL) berdasarkan adversity quotient pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel berjumlah 17 siswa. Selanjutnya, akan diambil sebanyak 6 orang yang termasuk ke 3 tipe Adversity Quotient yaitu tipe Climber 2, tipe Camper 2, dan tipe Quitter 2 berdasarkan hasil tes angket Adversity Quotient. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data teknik analisis pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam subjek penelitian memiliki proses berpikir yang berbeda-beda,sejalan dengan perbedaan kategori AQ yang dimiliki oleh tiap subjek penelitian. Di mana subjek penelitian yang memiliki AQ tinggi dan AQ sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik dari subjek penelitian yang memiliki AQ rendah dalam menyelesaikan soal tes."

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:28
Last Modified: 08 Jul 2025 02:28
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item
View Item