PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KELAS VII DI MTS AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI

HOPMADIA, RIZKI (2023) PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KELAS VII DI MTS AL-IHSANIYAH MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Biologi yang ditunjukkan dengan persentase sebesar 42,61% pada kelas VII2 dari 20 siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VII2 MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung Kabupaten Muaro Jambi melalui penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di adopsi dari Model Mc Taggart dengan tahapan siklus, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan non test. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa. Berdasarkan data setelah menenerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII2 MTs Al-Ihsaniyah Desa Sarang Burung . Dengan rata-rata yang diperolah pada siklus I yaitu pada siklus pertama pertemuan I 66.84% dan pertemuan II 71.84% dengan persentase hasil tes soal polihan ganda 57.75%. Pada siklus ke II diperoleh nilai rata- rata pertemuan III 80.52%,dan pertemuan IV 85.78% serta nilai tes 86%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 06 May 2025 07:34
Last Modified: 06 May 2025 07:34
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item
View Item