Adila, Nurul (2023) STRATEGI PEMASARAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN BATIK DAN SONGKET CIK MIA KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran
untukpengembangan usaha pengrajin batik dan songket. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif
di toko Cik Mia Songket Jambi pada bulan Februari hingga Maret 2022. Objek
penelitian meliputi pemilik toko, Cik Mia, dan karyawan toko. Data yang
digunakan terdiri dari data primer (observasi, wawancara, dan dokumentasi yang
dilakukan langsung oleh peneliti) dan data sekunder (diperoleh dari sumber yang
sudah ada seperti buku, jurnal, dan internet). Teknik pengumpulan data yang
digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data
dikonfirmasi melalui teknik confirmability dengan fokus pada kepastian data.
Triangulasi dilakukan untuk membandingkan data dari berbagai sumber dan
metode guna memperkuat validitas penelitian.
Hasil wawancara menunjukkan bahwa Cik Mia menerapkan strategi
pengembangan usaha dengan membuka stan di berbagai lokasi, melakukan
promosi melalui media sosial, dan menciptakan songket khusus yang menjadi
identitas Toko Cik Mia. Selain itu, Cik Mia aktif berpartisipasi dalam pameran-
pameran guna meningkatkan visibilitas toko mereka. Kendala yang dihadapi oleh
Toko Cik Mia adalah kurangnya tenaga kerja yang ahli dalam menenun, sehingga
mereka mengalami kesulitan saat mendapatkan pesanan. Untuk mengatasi
masalah ini, Cik Mia mencari karyawan dari seluruh Provinsi Jambi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pengembangan Usaha, Batik, dan Songket
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 08:20 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2114 |