Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE

Salira Ayatusifa, Suci (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE. Other thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak

Di era globalisasi Saat ini, banyak kegiatan perdagangan dilakukan dengan bantuan
teknologi. Dengan munculnya teknologi internet, kehidupan masyarakat menjadi
lebih mudah, salah satunya adalah belanja online. Keuntungan praktis dari belanja
online adalah dengan bantuan teknologi internet dapat dilakukan dimana saja,
kapan saja dan tanpa batas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan
pembelian di marketplace shopee. Metode penelitian yang digunakan yaitu
kuantitatif deskriptif. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis
linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah Kecamatan Alam Barajo di
Kota Jambi yang pernah melakukan pembelian di Marketplace shopee. Sampel
yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik proportionate stratified
random sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung spss versi 22. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap
keputusan pembelian pada marketplace shopee hal ini dibuktikan dengan hasil t
hitung sebesar 5,145 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Harga berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee hal ini dibuktikan
dengan hasil t hitung sebesar 2,493 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Promosi
berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee
hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 2,749 dan nilai signifikansi sebesar
0,007. Berdasarkan hasil perhitungan statistik uji simultan maka dapat disimpulkan
bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan
secara simultan terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee. Hal ini
dibuktikan dengan f hitung > f tabel dengan nilai 54,703 > 3,09 dengan nilai

signifikansi 0,000 < 0,005. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-
variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik penelitian ini

berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan multikolinearitas.

Kata kunci : Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:12
Last Modified: 07 Jul 2025 08:12
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item
View Item