Adawia, Robiatul (2023) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PELAYANAN PEMBUATAN SURAT IZIN USAHA (STUDI KASUS PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI). Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Robiatul Adawia
Nim : 105190261
Judul : Pengaruh Persepsi Masyrakat Terhadap Kinerja Pelayanan Pembuatan
Surat lzin Usaha (Studi Kasus pada Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi
Penelitian ini dilakukan untuk tujuan mengetahui Pengaruh Persepsi Masyarakat
Terhadap Kinerja Pelayanan Pembuatan Surat zin Usaha (Studi Kasus pada Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sarolangun Provinsi
Jambi. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data disajikan
dalam bentuk angka dan analisis. Adapun teknik yang diterapkan dalam proses
pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi.
Teknik dalam penentuan jumlah responden menggunakan rumus slovin dengan hasil
sebanyak 98 Responden. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi softvware yaitu
SmartPLS Versi 4.0 menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis
Partial Least Square (PLS) dan aplikasi excel 2010. Dalam Penelitian ini terdapat satu
variabel bebas yaitu persepsi masyarakat yang diwakili dengan simbol (X) dan variabel
terikat yaitu kinerja pelayanan yang diwakili dengan simbol (Y). Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pelayanan dikarenakan P-Value yang dihasilkan lebih kecil dari 0,05 dengan nilai asli
sampel 0,750 dengan tingkat kepuasan masyarakat sebesar 75% dan persepsi masyarakat
sebesar 55,9%. Ditarik kesimpulannya bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap
kinerja pelayanan pembuatan surat izin usaha pada DPMPTSP Kabupaten Sarolangun
Provinsi Jambi tidak berbanding lurus dengan persepsi masyarakatnya.
Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Kinerja dan Pelayanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Syariah > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 06:04 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2101 |