IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP KREATIFITAS BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI

Awal, Rabiul (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP KREATIFITAS BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi model project-learningdalam meningkatkan sikap kreatifitas berpikir kritis pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi. Kegunaan penelitian ini diharapkan untuk dapat memberikan kontribusi terhadap sistem pembelajaran di dunia pendidikan, khususnya pada Mandrasah Aliyah Negri 3 Muaro Jambi terkait implementasi model pembelajaran PjBL guna meningkatkan kemampuan komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis dan kreatif siswa pada mata pelajaran bahasa arab.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Yaitusuatupenelitianyangdilakukansecaraintensif,terincidan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga/gejala tertentu. Ditinjau dari wilayahnya, maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau subyek yang sangat sempit tetapi dari sifat penelitian, penelitian kasus lebihmendalam.
Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu:Guru mata pelajaran yang profesional dalambidangnya, Adanya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan Motivasi siswa yangpositif.Langkah-langkah penerapan model pembelajaran berpikir kritis berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi, beberapa aspek diterapkan melalui tujuan pelatihan, indikator pelatihan, alokasi waktu dalam waktu 10 menit dan diakhiri dengan kesimpulan beberapa kegiatan penutup.
Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Implementasi Model Project Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi adalah dibuat beberapa kelompok biasanya 5 kelompok, namun bisa kurang dari 5 kelompok karena disesuaikan dengan jumlah banyaknya siswa yang ada saat mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di dalam kelas. Sehingga ini membuat siswa senang belajar Pendidikan Bahasa Arab. Serta Pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dalam Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Muaro Jambi berjalan dengan baik, namun hal tersebut tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh pihak madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: murjoko
Date Deposited: 06 May 2025 03:21
Last Modified: 06 May 2025 03:21
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item
View Item