Herma yunisa, Herma yunisa (2023) DESKRIPSI KESULITAN PESERTA DIDIK DAN FAKTOR PENYEBABNYA DALAM MEMAHAMI MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 33 TEBO. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dan faktor penyebabnya dalam memahami materi aljabar di kelas VIII Sekolah Pertama Negeri 33 Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Berdasarkan temuan hasil penelitian, antara lain : Siswa kelas VIII B SMP Negeri 33 Tebo masih mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi hitung bentuk aljabar, terutama bagian dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan penyederhanaan bentuk aljabar. Selain itu, siswa juga kesulitan dalam penyederhanaan aljabar dan menghitung suku tak sejenis. Berdasarkan data yang di peroleh, maka siswa tergolong kriteria sulit dalam memahami materi operasi hitung bentuk aljabar. Faktor yang menyebaban terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar materi aljabar di SMP Negeri 33 Tebo adalah sebagai berikut: (a) Kurang menguasai materi. (b) Kurang teliti dalam mengerjakan soal. (c) Kebingungan dalam pengerjaan. (d) Kurangnya motivasi belajar. (e) susasana kelas yang tidak nyaman. (d) Strategi belajar yang monoton. Upaya yang harus dilakukan untuk menanggulangi kesulitan ini adalah (a) Mengajak siswa lebih aktif dalam belajar. (b) Strategi belajar yang lebih kreatif. (c) Guru aktif mengevaluasi siswa. (d) Mengulangi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 05 May 2025 08:05 |
Last Modified: | 05 May 2025 08:05 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/193 |