Saputri, Mita Cahya (2024) Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana
menerapkan metode pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan
kemandirian belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan metode pembelajaran
Flipped Classroom pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di
Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua
pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada siklus I persentase kemandirian belajar 56% meningkat menjadi
72,16% pada siklus II. Persentase tiap aspek kemandirian belajar, yaitu: (a) inisiatif
dari 56,7% menjadi 74,7%, (b) disiplin dari 59,3% menjadi 72,7%, (c) percaya diri
dari 52% menjadi 72,7%, (d) tanggung jawab dari 57,3% menjadi 72%, (e)
melakukan evaluasi sendiri dari 54% menjadi 70,7%, (f) aktif dalam pembelajaran
dari 60,7% menjadi 72,7%, (g) tidak bergantung pada orang lain dari 53,3%
menjadi 70,7%, (h) mempunyai keinginan untuk maju dari 47,3% menjadi 70%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemandirian
belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi mengalami
peninggkatan dengan menerapkan metode pembelajaran Flipped Classroom.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1898 |