SAFITRI, TRIA (2024) ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN NAHL KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan Indonesia memiliki tujuan membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan
berakhlak mulia. Kurikulum merdeka adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan
kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan pendekatan pembelajaran yang
lebih fleksibel dan inovatif. Salah satu strategi pembelajaran dalam kurikulum merdeka
adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang mencakup pembelajaran yang disesuaikan
dengan masing-masing kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Penelitian ini
dilatarbelakangi adanya kurikulum merdeka yang masih baru diterapkan di SDIT An
Nahl Kota Jambi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pendekatan
berdiferensiasi serta menganalisis pendekatan berdiferensiasi dalam kurikulum
merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomonologi yang
mana penilitian ini melihat secara langsung fenomena atau kejadian yang terjadi di
suatu tempat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa cara menerapkan
pendekatan berdiferensiasi yaitu dengan memilih materi,mengelompokkan peserta
didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya, memfasilitasimedia pembelajaran, dan
membimbing peserta didik untuk menghasilkan suatu produk. Serta hasil analisis dapat
disimpulkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka
berjalan cukup baik dan lebih ideal dibandingkan kurikulum sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 13:26 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 13:26 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1891 |