Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

إستراتيجية تعليم المفردات في مهارة الكالم بمعهد دار العارفين جامبي رسالة علمية

Sahnakri, Ricky (2024) إستراتيجية تعليم المفردات في مهارة الكالم بمعهد دار العارفين جامبي رسالة علمية. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Bahasa arab bertujuan menumbuhkan kemampuan seseorang dalam
menyampaikan bahasa arab yang baik dengan bentuk lisan ataupun dengan bentuk tulisan.
Keterampilan berbicara merupakan sebuah keterampilan mengucapkan bunyi suara atau kata
untuk berekspresi, menyatakan, menyatakan pokok pemikiran atau ide gagasan, dan perasaan yang
menjadi sebuah pesan melalui lisan.
Penelitian bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Strategi pembelajaran Pembelajaran mufrodat dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Kelas
sepuluh Pondok Pesantren Darul Arifin Jambi dengan Menyiapkan materi pokok sesuai tema dan
mufradat yang telah dgiberikan oleh bidang bahasa, Memberikan materi mufradat dengan
perkataan, diikuti oleh seluruh santri, Santri menulis di buku catatan khusus mufradat, Santri
menulis mufradat yang telah diberikan dipapan tulis, Lakukan koreksi bersama dipapan tulis
dengan seluruh santri, Santri untuk membenarkan tulisan jika terdapat penulisan yang salah, Santri
membuat contoh masing-masing mufradat yang telah diberikan, Salah seorang santri untuk
menulis contoh yang telah dibuat didepan papan tulis Pengoreksian sekaligus memberikan arahan
penggunaan contoh, dan Santri menyetorkan mufradat yang telah diberikan. Dalam pelaksanaan
Kesulitan dalam penggunaan strategi Pembelajaran mufrodat sebagai strategi yang meningkatkan
keterampilan berbicara santri di pondok pesantren Darul Arifin Jambi ialah Waktu pembelajaran
yang sedikit dan Santri yang mengikuti pelajaran terlambat mengikuti pelajaran sehingga kurang
mampu menguasi mufradat yang diberikan. Adapun Solusi untuk menangani kesulitan pada
penggunaan strategi Pembelajaran mufrodat sebagai strategi yang meningkatkan keterampilan
berbicara santri di pondok pesantren Darul Arifin Jambi ialah dengan memberikan hukuman bagi
santri yang terlambat. Seperti pada umumnya, hukum dibuat untuk dapat menjadi pembatas atau
upaya dari seseorang agar tidak terjadi kesalahan.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 Jun 2025 12:54
Last Modified: 30 Jun 2025 12:54
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item
View Item