NURQOZIN, MUHAMAD (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU TEBUIRENG III INDRAGIRI HILIR RIAU. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era revolusi industri 4.0 ini menuntut segala pekerjaan dengan
menggunakan teknologi sehingga tidak hanya membawa dampak
sederhana namun berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia
terutama dalam sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana kualitas pembelajaran PAI berbasis media
digital di SMK IT Tebuireng III, bagaimana pembelajaran berbasis media
digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK IT
Tebuireng III, dan bagaimana hasil dari proses pembelajaran PAI berbasis
media digital di SMK IT Tebuireng III.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi teknik
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan observasi, trianggulasi, dan
diskusi dengan teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas
pembelajaran PAI berbasis media digital di SMK IT Tebuireng III sudah
sangat bagus. Hal itu ditunjukkan dengan sistem pembelajaran PAI yang
memang sudah memakai perangkat-perangkatdigital untuk menunjang
perbaikan kualitas pembelajaran. Dengan kombinasi metode konvensional
dan metode berbasis digital, pembelajaran PAI menjadi lebih hidup, lebih
efektif, dan lebih efisien.(2) Pembelajaran berbasis media digital sangat
berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Dengan media
digital, pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup, lebih cair, dan lebih
menyenangkan. Guru semakin terampil dan siswa semakin aktif. Kualitas
pembelajaran yang bagus juga akan meningkatkan hasil belajar
siswa.(3)Kualitas pembelajaran yang dihasilkan oleh dampak media digital
berpengaruh terhadap beberapa aspek yaitu aktivitas siswa, keterampilan
guru, iklim belajar, hasil belajar siswa.Adapun kesimpulan penelitian
adalah dengan penggunaan media digital dalam pembelajaran baik
berbasis internet ataupun non internet akan meningkatkan kualitas
pembelajaran dan hasil belajar PAI. Berdampak positif untuk sekolah,
guru yang mengajar, dan siswa yang menerima pengajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 11:35 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 11:35 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1874 |