Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI

Kurniyati, Luthfiyah (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Fiqih yang diajarkan di MTS Negeri 8 Muaro Jambi tidak cukup dalam
menggunakan metode ceramah saja, tetapi sangat diperlukan metode yang dapat mengaktifkan
siswa melalui pengamatan agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan. Sebab, apabila
pembelajaran hanya dilaksanakan dengan metode ceramah saja maka proses belajar akan menjadi
monoton dan membosankan. Dalam hal ini maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa nantinya.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Muaro Jambi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk melihat apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada mata fiqih di kelas VIII A MTS N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan penelitian
tindakan kelas (PTK) kelas VIII A di MTS Negeri 8 Muaro Jambi, bahwa ada peningkatan hasil
belajar dalam penggunaan Metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih materi zakat. Dengan
demikian metode pembelajaran menggunakan demonstrasi dengan menerapkan proses
pembelajaran yang menarik dan variatif menjadikan proses belajar yang kondusif serta aktif.
Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 hasil penelitian menunjukkan pada tahap
siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 72% dengan persentase ketuntasan sebesar 70% atau
hanya sebanyak 19 orang siswa. Dan persentase yang tidak tuntas sebesar 30% atau sebanyak 8
orang. Lalu kemudian mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan persentase
ketuntasan sebesar 85% atau sebanyak 23 orang siswa yang tuntas. Dan persentase yang tidak
tuntas sebesar 15% atau hanya sebanyak 4 orang saja. Peningkatan pada siklus II, baik hasil
belajar siswa maupun aktifitas belajar siswa terjadi karena seluruh siswa sangat senang dan
termotivasi untuk aktif dalam proses belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MTS Negeri 8
Muaro Jambi.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 Jun 2025 08:19
Last Modified: 30 Jun 2025 08:19
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item