Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 110 KOTA JAMBI

Cahyani, Des May (2024) PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 110 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bullying merupakan perilaku kejahatan atau kekerasan yang dilakukan
dengan sengaja oleh seseorang dengan tujuan untuk menyakiti orang lain. Bentuk
perilaku bullying berupa bullying verbal, fisik, relasional dan cyberbullying.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara rinci tentang
bentuk perilaku bullying, faktor penyebab terjadinya bullying, serta upaya yang
dapat dilakukan guru dalam mengatasi perilaku bullying. Dalam mencapai tujuan
tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
adalah: 1) bentuk perilaku bullying yang terjadi adalah bullying verbal, fisik, dan
relasional. 2) faktor penyebab terjadinya bullying berupa fisik, karakter, 3)
upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi bullying adalah dengan cara
memanggil pihak yang bersangkutan, mencari tau terlebih dahulu tentang
permasalahan yang terjadi. Lalu guru memberikan arahan, masukan, dan nasehat
kepada pihak yang bersangkutan supaya tidak mengulangi nya lagi. Namun jika
permasalahan tidak dapat diselesai oleh guru kelas maka guru kelas akan
mengajak kerjasama kepada pihak-pihak yang diperlukan seperti petugas
keamanan, orang tua, serta kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:09
Last Modified: 30 Jun 2025 07:09
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item
View Item