SAFITRIANI, RISKA (2024) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. KIKI EXPRESS RATU INTAN PERMATA KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelanggan merupakan aset berharga bagi setiap perusahaan, karena mereka tidak
hanya memberikan pendapatan secara langsung melalui pembelian produk atau
layanan, tetapi juga dapat menjadi sumber referensi positif yang membantu dalam
meningkatkan reputasi perusahaan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana secara parsial maupun simultan costumer relationship management dan
trust terhadap loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
metode Kuantitatif Deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel
yaitu rumusan rumus Isaac dan Michael. Rumus Isaac dan Michael ini telah
diberikan hasil perhitungan yang berguna untuk menentukan jumlah sampel
berdasarkan tingkat kesalahan 1%, 5% dan 10%, Pada penelitian ini tingkat
kesalahan atau sampling error dalam bentuk menentukan jumlah sampel yaitu pada
tingkat 10% dengan sampel sebanyak 62 responden. Untuk pengumpulan data
menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan adalah Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, Analisis
Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : costumer relationship management
(CRM) (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Trust (X2) tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. costumer relationship
management (CRM) (X1) dan trust (X2) secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan (Y).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:52 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:52 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1835 |