Arpia Sulasi, Armi (2025) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM DURIAN LUNCUK KECAMATAN BATIN XXIV KABUPATEN BATANGHARI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di Madrasah
Tsanawiyah Darul Ulum Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten
Batanghari Provinsi Jambi”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan
aplikasi TikTok terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Latar belakang penelitian ini adalah maraknya penggunaan aplikasi TikTok oleh
siswa yang menyebabkan menurunnya minat belajar, rendahnya kedisiplinan, serta
kurangnya fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada mata
pelajaran Akidah Akhlak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana
penggunaan aplikasi TikTok oleh siswa kelas VII, bagaimana perilaku belajar siswa
dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, dan bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi
TikTok terhadap perilaku belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Setting penelitian ini dilakukan di
Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV
Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B.
Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi
TikTok oleh siswa kelas VII B cukup tinggi. Hal ini berdampak negatif terhadap perilaku belajar siswa, seperti menurunnya semangat belajar, mudah lalai dalam
mengerjakan tugas, kurang disiplin dalam belajar, serta kurangnya konsentrasi saat
proses pembelajaran berlangsung. Namun, penggunaan aplikasi TikTok juga
memiliki dampak positif apabila digunakan untuk hal-hal yang bersifat edukatif. Oleh
karena itu, diperlukan pengawasan dan bimbingan dari orang tua dan guru agar siswa
dapat memanfaatkan media sosial secara bijak dan tidak mengganggu proses belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:48 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:48 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1828 |