Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Penerapan Metode Contextual Teaching Learning Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Kelas X Di sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi

Repino Putra, Ojto Disyah (2025) Penerapan Metode Contextual Teaching Learning Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Kelas X Di sekolah Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi. Other thesis, UIN STS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran sosial (Social Awareness) merupakan kemampuan siswa untuk
mengenali orang lain atau kesadaaran untuk menumbuhkan kepedulian yang
kemudian dapat menunjukkan kemampuan untuk berempati terhadap orang lain.
Kesadaran sosial yang dimaksud juga terkait dengan kesadaran akan masalahmasalah atau kesulitan yang dihadapi masyarakat. Pembelajaran berlandaskan CTL
(Contextual Teaching Learning) dijadikan satu dari sekian model pendekatan
pembelajaran yang bisa diimplementasikan ada upaya penerapan ini,menggunakan
pembelajaran konstekstual ini penting karena mengaitkan pembelajaran dengan
kehidupan nyata. Maka dari itu, diperlukan suatu sarana pembelajaran yang
selaras. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan secara
sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat.
Juliansyah Noor mengemukakan bahwa metode deskriptif adalah penelitian yang
berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat
sekarang.Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan juga dokumentasi tentang Penerapan Metode Contextual Teaching
Learning Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Kelas X Di Sekolah
Menegah Atas Negeri 10 Kota Jambi dapat disimpulkan bahwa guru Pendidikan
Agama Islam memiliki peran penting strategis dalam membentuk karakter siswa
dan menumbuhkan tingkat kesadaran sosial terkhusus pada kela X Di Sekolah
Menengah Atas Negeri 10 Kota Jambi.
Kata Kunci: Penerapan, Metode Contextual Teaching Learning, Kesadaran Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:02
Last Modified: 30 Jun 2025 04:02
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item
View Item