Putra, Syailendra (2025) Penggunaan model pembelajaran team game tournament untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak Pada siswa kelas VIII sekolah menengah pertama Ahmad Dahlan kota Jambi. Other thesis, UIN STS.
Full text not available from this repository.Abstract
Nama: Syailendra Putra
Program Studi: Pendidikan Agama Islam
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Team Game
Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi
Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas VIII di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi bahwa dikarenakan saat proses belajar mengajar guru hanya menerapkan metode pembelajaran seperti ceramah dan tanya jawab, dengan demikian pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah. Sehingga nilai siswa tidak mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Siswa menjadi kurang bersemangat karena suasana belajar yang terlalu monoton karena tidak terlalu menfokuskan pada model pembelajaran yang akan digunakan, padahal model pembelajaran juga berpengaruh dalam lancarnya kegiatan pembelajaran. Selain itu banyaknya siswa yang tidak tahu bagaimana cara adab terhadap orang tua dan guru dengan benar dan kurangnya daya ingat sisiwa tentang materi yang sudah dipelajari. Peneliti menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament, yang mana tujuan diterapkan nya model pembelajaran ini agar dalam proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan menyenangkan dan penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes tertulis yang dilakukan setiap akhir siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi yang berjumlah 29 orang. Dalam penerapan model pembelajaran Team Game Tournament ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Siklus 1 skor rata-rata siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 68,97% atau 20 siswa, sedangkan skor rata-rata siswa yang tuntas pada siklus II yaitu 86,20% atau 25 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa penerapan model Team Game Tournament dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:51 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/1808 |